Apa Itu RSS Feed

 

Mungkin banyak yang belum mengerti apa itu RSS Feed, begitu juga dengan saya setidaknya sebelum menulis artikel ini. Saya akan menjelaskan secara singkat mungkin bisa bermanfaat.
RSS singkatan dari:
1. Rich Site Summary (untuk RSS versi 0.91);
2. RDF Site Summary (untuk RSS Feed versi 0.92);
3. Really Simple Syndication (RSS versi 2.0).
Dan perkembangannya untuk saat ini, RSS telah pada versi 2.0. jadi RSS adalah format file xml yang digunakan untuk sindikasi situs (web syndication). Prinsip dasarnya sama yaitu format (data) yang dipakai untuk mendistribusikan, mengirimkan, mengupdate, dan menyiarkan mengenai isi dari website. Secara sederhana dapat dikatakan RSS adalah ringkasan atau bentuk sederhana dari sebuah halaman situs/web.

Kalau kita membuka halaman website di browser kita akan melihat betapa lengkapnya informasi yang disajikan termasuk didalamnya image, color yang lengkap serta tentunya konten yang lengkap pula, tetapi kalau RSS kita hanya melihat ringkasannya saja tanpa image, hanya ringkasan konten saja.

Kegunaan lebih lanjut adalah, kita dapat membaca isi suatu situs tanpa datang/berkunjung ke situs tersebut, alangkah borosnya waktu dan biaya kita kalau kita sering mengunjungi situs-situs secara berkala hanya karena ingin melihat update berita/kontennya. Misal, kalau kita ingin membaca update berita di CNN.com maka kita cukup berlangganan RSS Feednya saja, sehingga jika si CNN mengupdate beritanya kita secara otomatis juga mendapatkan infonya dan kalau memang diperlukan saja kita bisa membuka situs yang bersangkutan, sangat praktis bukan?

Jika Anda melihat logo/simbol RSS Feed seperti di blog saya ini, berarti web/blog tersebut mempersilahkan Anda untuk mengambil konten melalui Feednya. Software pembaca RSS Feed dinamakan RSS Agregator, RSS Reader, atau Feed Reader. Beberapa contoh software tersebut adalah Bloglines, Google-Reader, my Yahoo, FeedBurner, dan masih banyak lagi silahkan tanya Gugel saja.

Sekian, semoga bermanfaat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: