Membuat Fasilitas Upload Download File di Blogspot

Mungkin banyak dari teman-teman sekalian yang bingung bagaimana sebenarnya membuat fasilitas download file dan upload file di blogger khususnya blogspot. Memang fasilitas download file sangat berguna untuk menarik pengunjung terlebih jika file-file yang bisa di download diperbarui secara berkala dan mempunyai bobot yang bagus. Wah, sudah pasti deh pengunjung akan berdatangan ke situs kita.

Meskipun di blog saya ini tidak ada fasilitas tersebut karena sejauh ini memang belum memerlukannya dan tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan saya tambah fasilitas itu, selain bisa memberikan manfaat kepada pengunjung juda karena di hard disk saya ada banyak file yang bisa diupload dan dimanfaatkan oleh teman-teman sekalian, tapi sabar ya, sekarang belum saatnya..hehe…

Nah kembali ke Tooo…PIK! Lalu, bagaimana cara membuat fasilitas tersebut? Mengingat di page element tidak ada widget untuk upload&download file? Tenang, kita bisa memanfaatkan trik atau tutorial seperti yang akan saya jelaskan berikut ini:

Prinsipnya begini, mana mungkin sih layanan blogspot atau wordpress yang kita gunakan untuk ngeblog ini memberikan space/jatah penyimpanan file yang besar? Nah cara yang pertama adalah memberikan link kepada file lain di situs lain sehingga ketika visitor ingin mendownload file yang dimaksud maka mereka akan “digiring” kepada situs yang bersangkutan, tetapi jika menggunakan cara ini kemungkinan pengunjung akan di “lempar” ke halaman-halaman lain yang mengakibatkan kebosanan, cara yang kedua lebih sederhana dan lebih efektif yaitu kita menggunakan layanan hosting gratisan yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file dan selanjutnya kita copy paste link file tersebut untuk dimasukkan di blog kita.

Sekarang ini sudah banyak layanan hosting gratis yang bisa kita manfaatkan untuk mengupload file-file kita tentunya karena gratis space/ruang penyimpannya juga dibatasi. Sebagai contoh kita bisa menggunakan Geocities, jadi jika telah mendaftar akan memiliki domain http://www.geocities.com/NamaKamu. Setelah itu upload file yang dibutuhkan ke alamat tersebut, jadi jika ingin mengupload file ebook.zip maka kita akan mendapatkan link http://www.geocitites.com/NamaKamu/ebook.zip. Cukup mudah kan? dengan begini link yang kita berikan di blog kita akan langsung menuju ke file yang dimaksud tanpa di bolak-balik ke halaman lain.

Nah sebenarnya masih banyak layanan hosting gratisan di internet yang patut untuk dicoba, seperti http://www.000webhost.com yang saat ini memberikan space 1500MB!! Sangat besar untuk ukuran hosting gratisan. Dan berikut beberapa layanan hosting gratisan yang saya dapatkan:

http://www.doteasy.com
http://www.galeon.com
http://www.polarhome.com
http://www.t35.com
http://www.web1000.com
http://www.kinghost.com
http://beigetower.org
http://www.spaceports.com
http://www.totalfreehost.com
http://www.freewebspace.net
http://www2.mrfreehost.com/
http://cp.sapphiresoft.net/
http://www.webspace4free.biz/
http://free.hostdepartment.com/
http://www.cometstream.net/
http://www.lifelesspeople.com/
http://www.1pro.biz/
http://www.freewebspace.net/
http://www.greatnow.com/
http://www.hostvoice.net/

Memang masih banyak alamat-alamat yang lainnya, silahkan cari di google ya,,,.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: