Perbedaan Blog Dengan Website

Banyak sekali netter culun seperti saya ini yang sering bingung untuk membedakan antara blog dan website. Ternyata eh ternyata ada perbedaan yang bisa di wacanakan antara blog dan website. Secara sekilas antara blog dan website itu sama, blog juga termasuk website, tetapi kalau menurut saya sih website bukanlah blog. Disini saya akan memberikan gambaran apa itu blog dilihat dari sisi membandingkannya dengan website pada umumnya atau website tradisional atau website normal atau apalah asalkan bukan blog… Perbedaan yang sejauh ini saya tahu(dari internet juga sih… atau mungkin dari blog juga…hehe..) adalah sebagai berikut:

1. Berita/Artikel/Postingan
Maksudnya kalau di blog, artikel/postingan akan ditampilkan berdasarkan waktu kejadian(hari/tanggal). Postingan yang terbaru akan ditampilkan diatas disusul postingan yang agak lama selanjutnya teruuuusss sampai yang paling lama  Sumber yang saya baca “mengatakan” bahwa ini adalah warisan aspek jurnalistik/jurnal yang merupakan diary online. Diary mempunyai isi yang didasarkan pada tanggal, begitu juga dengan blog. Apakah ini terdapat di website “normal”? Jawabannya bisa iya bisa tidak, tapi kebanyakan tidak.

2. Konten/Widget
Permasalahan yang dialami oleh pengguna website “normal” adalah mereka kesulitan dalam penambahan konten. Ya meskipun saat ini website sudah bekembang dari statis menjadi dinamis dengan sistem CMS(Content Management System) yang canggih kayak Joomla, Mamboo, PHPNuke, CMS buatan sendiri, dan banyak lagi tetapi bagi newbie pembuatan website masih diluar jangkauan mereka. Berbeda dengan blog, pengguna telah dimanjakan dengan sistem publikasi, sistem layout, dan sistem konfigurasi yang sangat mudah dalam penggunaannya. Dengan sedikit latihan mereka dapat dengan leluasa mempublish konten ke dunia WWW, menambahkan menu..widget…dan komponen blog lainnya.

3. Eh Ada Komentarnya..!!
Bagian yang sangat penting yang tidak dimiliki website “normal”(ah males nulis ‘website “normal”‘ terus, habis ini saya singkat “si bego” aja ya… adalah bagian komentar. Postingan yang ada di blog selalu memiliki form/tempat untuk menulis komentar yang juga akan ditampilkan diakhir postingan tersebut, ini memberikan kesan bahwa ngeblog tidak hanya sekedar nulis dan publish tetapi mempunyai daya fungsi diskusi dua arah dimana sang pembaca akan meninggalkan komentar mereka dan sang pemilik juga akan membalasnya sehingga lama-kelamaan akan menjadikan sebuah komunitas diskusi yang sangat besar. Untuk yang ini si bego ampun-ampun dah…

4. Blog itu “lebih” dari Si Bego…
Blog itu feel/perasaan, hobi, keinginan, dan motivasi. Blog itu catatan. Blog itu nulis yang berlagak jurnalis. Blog itu mudah sehingga sering di update. Blog itu interaksi karena diskusi. Dan Blog itu alat komunikasi yang natural. Blog itu sumber informasi yang terpercaya. Berlebihan?? Rasanya tidak!. Apa saya yang kebawa emosi sehingga menulis kata-kata yang seolah-olah mendramatisir?? Rasanya juga tidak. Silahkan saja direnungkan apa memang benar yang saya katakan, biar bagaimanapun saya juga tidak akan memaksakan pengertian barusan, tergantung orangnya masing-masing aja deh..

5. Wah Ada Duitnya..!!
Seseorang yang hanya bermodal semangat, hobi, atau keahlian tertentu, dan termotivasi untuk menulis konten yang berkualitas(mikir sendiri..unik…tidak asal CoPas!!), menari-narikan jari jemari diatas keyboard, menggoyang-goyangkan otak demi sebuah ceritak(…hehe..maksa ya?? ), mencelingak-celingukkan kepala demi beberapa pembaca akan dapat menarik pengunjung(the meaning is yang sering diobrolkan yaitu “traffic”), kalo pengunjung sudah banyak maka blog monetize milik kita. Dan imbasnya kita dapat menjadi blogger profesional(..kira-kira bisa nggak ya kayak gitu?… kayaknya kalo dikira-kira aja bisa) tentunya dengan sedikit mengorbankan idealis kita.

he,he,he udah ah,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: